Tags

, , , , , , ,

Foto pas mau masuk ke Metro

Ini pas mau masuk ke Metro

Yay! Akhirnya gw ke Korea, walaupun bukan untuk jalan – jalan. Tapi tetep cuy, korea!. Korea , mungkin pertama kali yang terlintas klo denger nama itu ya band – band K-Pop kaya SNSD, atau Psy atau KDrama. Tapi Korea itu lebih dari itu ( ya iyalah! ).

Pesawat gw berangkat malem, dan sampe di Korsel pagi. Begitu sampai di Incheon, kita langsung milih bis yang langsung menuju ke hotel. Bis ini disebut dengan limousine. Awalnya kaget juga pas liat bis itu melaju di arah yang salah, tapi ternyata memang stirnya di kanan. Di Incheon sendiri terlihat tandus, tapi itu mungkin karena saya datang pas awal Musim Semi. Yay! Springgggg is coming.

Spring!

Spring is coming! dan N Seoul Tower di belakang

Selama di Korea, saya stay di Suwon. Suwon itu kaya Bogor sedangkan Seoul itu sendiri ibukota Korsel. Perjalanan dari Incheon ke Suwon sekitar 2 jam, dan perjalanan dari Seoul ke Suwon sekitar 45 menit pake Mugunghwa ( Kereta cepat ) atau 1:30 menit klo pake Metro ( Subway ).

And gw dah bilang gw dateng pas di awal Spring kan ? Pertama kali gw liat Sakura, dan pertama kali juga gw tau klo gw alergi ke Serbuk sari pas Sakura gugur.

Di Seoul , dan Suwon, banyak pilihan moda transportasi di sana, mulai dari Bis, Subway atau Kereta Cepat. Moda Transportasi tersebut sudah terintegrasi. Jadi kalau mau tinggal di sana lebih dari seminggu, atau kira – kira bakalan sering menggunakan bis dan subway saya saranin beli T-Money.

T Money

Ini yang namanya T-Money!

T-Money itu kaya kartu Flash di Indonesia, dia buat bayar bis dan subway. T-Money ada di convenient store di mana – mana. Bahkan di beberapa stasiun ada T-Money Vending Machine. Cara pakenya juga gampang, begitu mau masuk subway kita taruh T-Moneynya di atas scannernya, nanti keliatan saldo kita tinggal berapa dan langsung masuk. Begitu keluar pun tinggal scan lagi dan nanti kita keluar, keluar saldonya. Di Bis, kita masuk dari depan, scan T – Money, dan keluar dari belakang, scan T-Money lagi.

Subway di Seoul ini cukup ribet tapi sangat reliable, 5 menit sekali pasti ada kereta. Yang perlu diperhatiin adalah linenya. Line itu ditandakan oleh warna, misalnya ke Insadong(인사동) dari Seoul Station itu bisa pake Line 1 ke Jong nam sam ga (종로3가), lalu lanjut ke line yang ke Anguk (안국); atau ke Changmaro(창마로) lalu lanjut line yang ke Anguk(안국).

Di Seoul sendiri, hampir semua tempat wisata dekat dengan Subway Station. Misalnya mau ke Myeongdong, tinggal turun di station Myeongdong (명동) lalu exit berapa gitu, jelas koq.  Dan tenang aja, ada tulisan latinnya koq.

Jadi tau cara pake Subway dan bis, gw rasa penting klo mau maen Ke Seoul. Enak yah klo punya transportasi publik yang reliable. Kapan yah Jabodetabek kaya gini

