Sang Pemimpi – Andrea Hirata

Sang Pemimpi - Andrea HinataBuku sang pemimpi ini adalah buku lanjutan dari kisah pribadi sang penulis yang berjudul Laskar Pelangi. Jika pada Laskar Pelangi penulis bercerita tentang masa – masa SD sampai dengan SMP, di buku yang berjudul Sang Pemimpi ini adalah kisah nya pada saat SMA, jika pada Laskar Pelangi berkisah tentang 11 Sahabat ( Ikal, Lintang, Mahar, Sahara,Trapani, Kucai, Syahdan, Harun, Samson, dan A Kiong) maka dikisah ini bercerita tentang 3 orang Sahabat ( Ikal, Arai, dan Jimbron ).

Masa Masa Remaja

Setelah SMP, akhirnya ikal dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMU Negeri Bukan Main. Sekolah ini di pelopori oleh Pak Balia sebagai tokoh kepala sekolah dan Pak Mustar sebagai wakilnya. Di gambarkan bahwa Pak Balia adalah seorang yang tegas dan berwibawa, sedangkan Pak Mustar adalah seorang guru yang sangat di takuti, konon sebabnya anaknya tidak dapat masuk ke sekolah yang ia pelopori ini hanya karena NEM nya kurang 0.25, syarat untuk masuk ke SMU ini NEM nya harus 4 sedangkan anaknya hanya mendapat 3.75.

Di sekolah ini Ikal berteman dengan Arai, sebenarnya Ikal dan Arai masih punya hubungan darah, alkisah saat kelas 1 SD ibunda Arai meninggal saat melahirkan adiknya, dan adiknya pun meninggal juga. Lalu saat kelas 3 SD ayah nya pun meninggal sehingga tinggal Arai sebatang kara yang kemudian dirawat oleh ayah dari Ikal. Arai bagi Ikal adalah seorang Sahabat , dan Kakak, seringkali Arai melindungi Ikal dengan cara nya sendiri.

Jarak dari rumah Ikal ke SMU nya sekitar 30 Kilometer, di daerah pelabuhan bernama Magai, karena itu lah Ikal dan Arai memutuskan untuk menyewa sebuah los yang dekat dengan sekolah mereka, untuk dapat bertahan hidup mereka bekerja sebagai kuli ngambat.

Selain Arai, satu sahabat Ikal yang baru adalah Jimbron, Jimbron adalah manusia yang unik , mempunyai muka yang jika orang melihat nya selalu ingin melindungi , bertubuh gempal , dan gagap — walaupun tidak selau gagap — , dan dia mempunyai satu kegemaran yang unik yaitu Kuda!!!. Kuda bagi Jambron adalah mahluk yang ajaib, sehingga jika dia berbicara tentang Kuda tak kan ada habisnya, walaupun sebenarnya dia belum pernah bertemu dengan mahluk tersebut.

Ikal, Arai , dan Jimbron adalah biang rusuh di sekolah mereka, pernah sekali mereka kepergok nonton di Bioskop yang nyata – nyata dilarang oleh Pak Mustar. Dan banyak kisah nakal mereka lainnya. Tapi selain nakal mereka ada gerombolan gerombolan pemimpi, karena mimpi lah mereka bisa bertahan.

Kesimpulan
Buku ini sangat bagus!!!. Entah bagaimana saya melukiskan bagaimana bagusnya buku ini, karena saya juga kurang pandai dalam menilai bagus atau tidak nya suatu karya sastra, yang pasti kita bisa terhanyut dalam adegan – adegan nya. Bagaimana Ikal dan Arai membantu Maryamah dan anaknya Nurmi yang datang untuk meminta beras, sampai akhirnya mereka bisa berjualan. Seperti nya Andrea Hirata senang memberikan satu atau dua petunjuk tentang lanjutan tetralogi ini, di dalam buku ini anak tertua dari Maryamah, Nurmi gemar sekali bermain biola, dan saat melihat judul dan cover dari buku ke empat yang belum keluar maka perkiraan saya Nurmi lah yang akan menjadi pusat dari buku keempat yang berjudul
Maryamah Karpov“, dan di buku pertama pun begitu, penulis sudah menceritakan kisah tentang Endesor yang menjadi judul buku ketiga, dan cita – cita nya yang ingin kesana.

12 thoughts on “Sang Pemimpi – Andrea Hirata

  1. bang andrea sendiri sangat supel, waktu liat di kick andy juga biasa biasa aja… dan juga dia punya multiply, dia suka juga bales pertanyaan – pertanyaan disana…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s