Belajar Blender : 3 Point Lighting

Gara – gara postingan gw mengenai ngoprek KPLI , jadi pengen coba lebih dalam lagi tentang blender… khususnya mengenai pencahayaan…

Percobaan dilakukan dengan membuat 3 buah object…

1. buah Cube, yang berperan sebagai Lantai

2. buat UVSphere yang berperan sebagai object utama…

dan 3 buah sumber cahaya, yang terdiri dari satu spot, dua lamp.

ketiga Object diatas ( cube dan Uvsphere) di buat di layer 1, Spot light sebagai Key Light di taruh di layer 11, lamp 1 di layer 12 di taruh di posisi yang tidak terlalu jauh dari object fungsinya sebagai Fill Light, dan terakhir lamp 2 di taruh di belakang object sebagai Rim Light .

Sedikit susah menjelaskannya… tapi bagaimana kalo kita lihat hasil nya…

Key-Light

Gambar diatas — yang ada tanda panah warna merah, biru, dan hijau adalah Key Light

Fill-Light-Samping

dan ini adalah posisi dari fill-light dari samping, jika dari atas terlihat seperti ini

Fill-Light-Top

Dan terakhir back light

Back-Light-Front

dan jika dilihat dari atas

Back-Light-Top

Dan ini adalah hasilnya …

bola

Dari praktik tersebut , saya menyimpulkan bahwasanya lightning adalah salah satu element yang penting dalam membangun object 3D. Maap jika kurang bisa menjelaskan dengan baik. Karena saya sendiri baru belajar #:-s

6 thoughts on “Belajar Blender : 3 Point Lighting

  1. angiospermae says:

    wuah senengnya ada yang share ilmu baru,,,
    sering-sering aja yak upload hasil oprekannya.mudah-mudah berguna bagi nusa dan bangsa.

    Gw kira tutorial bikin petir,,eh gw ketipu tapi ga pa deh.

    Hidup Blender,,,
    Hidup OpenSource,,,
    Hidup FreeSoftware,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s