The Inconvenience Truth…. Kebenaran yang tidak menyenangkan

Mungkin isu pemanasan global udah basi. Tapi saya baru liat film tentang pemanasan global, di situ dengan jelas di liatin suhu bumi selama 650000 tahun lalu, pada masa nya Ice Age sampai dengan sekarang. Dan yang mengejutkan adalah suhu bumi pada saat jaman Es meleleh jauh lebih rendah pada saat sekarang, disebabkan konsentrasi CO2 di atmosfer meningkat menyebabkan suhu di Bumi meningkat. Efeknya seperti yang terjadi kemarin… Cuaca di Bumi yang tidak menentu, seharusnya siklus hujan besar terjadi 5 tahun sekali, tapi kemarin!!!. Kita mengalami hal yang mengejutkan, banjir kemarin lebih besar dari pada siklus banjir 5 tahunan, mungkin sudah saat Buku – Buku Ilmu pengetahuan di tulis ulang.

2000 Year Temperature Comparison

Suhu di Bumi[1]

Lalu apa yang terjadi pada saat es di Kutub Utara menghilang, sebenarnya Kutuh Utara adalah seperti cermin raksasa yang memantulkan kembali panas matahari yang datang kembali, tapi karena panas yang meningkat menyebabkan Kutub Utara lebih cepat mencair, sehingga Bumi akan di ancam oleh Ice Age ke dua / apa ke tiga yah ???

Jadiii… Siapa yang menyebabkan semua itu ? siapa lagi kecuali kita!!! yah kita lah menyebabkan semua itu. Kita lah yang membantu menyumbangkan CO2 ke udara, baik melalui ketidaksengajaan, atau ketidaktahuan kita tentang pemanasan global, dan apa yang bisa kita lakukan ?

1. Hemat listrik, ya ya, saya tahu mungkin saya boros energi dengan menyalakan komputer seenaknya, atau lampu lupa dimatiin, tapi gak ada salah nya kita mencoba untuk berubah. Untuk lampu gunakan Lampu Fluorescent walaupun lebih mahal ,tapi lebih hemat energi dan dapat mengurangi 2000 kali efek rumah kaca di bandingkan lampu biasa. Gunakan LCD daripada CRT, memang lebih mahal, tapi lebih hemat energi dan mempunyai radiasi yang rendah.

2. Gunakan kendaraan umum. Memang kendaraan umum sangat tidak nyaman, panas, dan rawan kejahatan, tapi kendaraan umum juga efektif untuk mengurangi pemanasan global. Jika anda ingin tetap menggunakan kendaraan pribadi gunakan dengan hemat dan cermat, gunakan untuk jarak jauh saja, jangan jarak deket tapi pake motor. Atau gunakan sepeda selain hemat energi juga sehat dan bebas karbondioksida ( jangan lupa untuk menggunakan penutup hidup untuk menghindari polusi yang bisa anda hidup )

3. Beli gelas alumunium!! Kenapa ?? untuk mengurangi penggunaan gelas plastik.Karena di-butuh-kan kira – kira 100 tahun untuk alam meng-dekomposisi plastik.

Udah cukup 3 aja yang saya inget, sekaligus buat ngingetin diri saya sendiri. Moga – moga saja kita masih sempat untuk menyelamatkan bumi. Kita ibarat Kodok dalam bejana yang suhunya di tingkatkan setingkat demi setingkat sampai saat nya kita tidak sadar kalau kita di rebus hidup – hidup.

Inget …

Small thing if we did it great, it will made the difference

[1] Foto di ambil dari http://en.wikipedia.org/wiki/Image:2000_Year_Temperature_Comparison.png

12 thoughts on “The Inconvenience Truth…. Kebenaran yang tidak menyenangkan

  1. no 1 & 2 : SETUJUUUUUUUUUU
    no 3 :
    hmmm .. kenapa nda gunain gelas kaca ? karena alumunium lebih mahal biaya daur ulangnya. Dan Bahan hasil daur ulang kaca 90 % sama dengan bahan asalnya, kalo alumunium < 50%.

    ps : sumber info lupa .. nanti dicari lagi ya ?

  2. niez-nya adit says:

    Hemat listrik ya ?? Emh..jadi inget kbiasaan saya ga nyabut charger hengfon klo udah ga dipake..
    Hmm..klo pake gelas melamine ?? Kan ga gampang pecah dan bisa dipake berkali kali tuh..:mrgreen:

  3. welaa hoek,,punya blog baru rupana…hehehe
    eniwei walau ga kena dampak banjir tapi disini ujannya ya terus2an lo,,hmm mungkin emang manusia itu yang harus berubah yah,,harus lebih care sama lingkunganna…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s