#KnowledgeIsPower

Keajaiban pengetahuan: Tanpa mata yang melihat dia membikin orang mengetahui luasnya dunia: dan kayanya, dan kedalamannya, dan ketinggiannya, dan kandungannya, dan juga sampar-samparnya. – Pramoedya Ananta Toer, Anak Semua Bangsa

Ilmu Pengetahuan untuk saya selalu mengagumkan. Misalnya saja pendaratan Philae di atas comet. Mengagumkan karena sebenarnya yang menghambat misi tersebut bukan teknologi tapi biaya. Terlebih, pendaratan itu dilakukan dari mission control yang jaraknya berjuta kilo dari Bumi, dan mereka hanya latihan di simulator tanpa tau bentuk comet itu kaya gimana.

#KnowledgeIsPower, karena dengan pengetahuan juga manusia bisa bertahan hidup sampai ada sekarang ini. Dengan knowledge juga Christopher Nolan bisa merender Black hole dengan baik di film Interstellar. Ada yang bilang bahwa gambaran blackholenya Nolan mungkin yang paling akurat. Knowledge membuka mata kita, bahwa apa yang dulu nenek moyang kita bilang sihir, ada penjelasannya secara ilmiah.

Terlebih sekarang, di mana Internet makin cepat, dan akses ke sumber pengetahuan makin mudah. Internet telah menghilangkan batasan geografi, jadi kita bisa tahu apa yang terjadi di belahan bumi lain tanpa harus pergi ke sana, bahkan tanpa harus meninggalkan tempat tidur. Akses ke sumber pengetahuan ini yang kadang masih berantakan, setidaknya untuk saya. Saat ini di HP saya, ada beberapa aplikasi dari portal berita seperti Detik, Kompas, Tempo dan The Verge.

Ada aplikasi pembaca berita, yang memudahkan untuk kita mengorganisir berita – berita kedalam satu aplikasi saja. Flipboard mungkin yang paling banyak dikenal. Dan dari dalam negeri, ada Kurio.

Ketika membuka dan mendaftar Kurio pertama kali, kita langsung disuguhkan oleh topik – topik yang populer seperti Technology, Business, Gadget, News, dan yang lainnya. Jika kurang puas, di dalam menu explore ada topik – topik lain yang diurutkan dari popularitas, category, atau topik topik yang lagi populer saat ini.

Tampilan Kurio buat saya cukup menarik, minimalis dengan animasi yang tidak terlalu banyak. Yang menjadi khas dari Kurio adalah menu untuk pindah topik yang berbentuk kipas. Posisi menu ini menurut saya sangat pas untuk yang seneng menggunakan HP dengan hanya satu tangan. Posisi di kanan bawah ini memudahkan kita untuk menekan dan memilih topik ketika misalnya lagi di dalam komuter line atau busway.

Welcome ScreenMenu Kipasnya KurioPilih topikExplore Topik lainnya

Tampilan Kurio pas kita memilih berita juga bagus, dengan dua mode : Day and Night. Berguna bila kita di dalam komuter line pas malam hari, ketika cahaya remang – remang.

Baca berita day modeBaca berita night modeShare screen

Knowledge is Power, dan dengan Internet, kita bisa dengan mudah mencari dan membaca tentang pengetahuan itu.  Satu lagi quote dari Pramoedya yang saya suka.

“Dengan ilmu pengetahuan modern, binatang buas akan menjadi lebih buas, dan manusia keji akan semakin keji. Tapi jangan dilupakan, dengan ilmu-pengetahuan modern binatang-binatang yang sebuas-buasnya juga bisa ditundukkan.” – Pramoedya Ananta Toer, Anak Semua Bangsa

Saat ini Kurio bisa diunduh lewat Playstore atau App Store

4 thoughts on “#KnowledgeIsPower

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s