Mencoba hidup sehat

Beberapa minggu ini, saya mencoba mengubah gaya hidup saya menjadi lebih sehat. Tujuannya? selain untuk lebih sehat, juga pengen menurunkan berat badan. Udah beberapa kali temen menyarankan untuk menurunkan berat badan karena perut saya sudah offside.

Pertama yang saya lakukan adalah berhenti makan nasi saat makan malam, atau malah menghilangkan nasi putih sama sekali dan menggantinya dengan nasi merah. Kenapa nasi merah? Karena nasi merah mengandung kandungan fiber yang tinggi, dan akhirnya membuat perut merasa kenyang lebih lama. Tidak seperti nasi putih yang merupakan karbohidrat simple.  Dan juga menambahkan protein, karena protein mempunyai senyawa yang bernama PYY, yang ketika kita makan juga menekan sinyal rasa lapar dari otak.

Kedua, olahraga pagi. Saya mencoba bangun lebih pagi dari biasanya untuk sekedar lari pagi sekitar 5 kilometer. Sebelumnya sarapan dulu biar ada tenaga, tapi sarapannya kaya pisang atau oatmeal. Oatmeal juga bagus, karena kandungan fibernya yang banyak, dan juga orang yang sarapan akan membakar 400 kalori lebih banyak sepanjang hari.

Ketiga, nge-gym. Selain lari pagi, olahraga digym juga diperlukan, terlebih untuk melatih core. Kalau bisa, saran saya pakai PT, atau unduh tipe tipe exercise yang kita mau lakukan. Tapi biasanya disaranin 2 grup otot setiap latian. Seperti tricep dan dada, atau biceps dan punggung. Variasi latian juga diperlukan untuk menjaga otot tidak terbiasa dengan rutinitas. Malah ada yang nyaranin saya buat lari dulu sebelum exercise, untuk melatih endurance.

Saya kira penting untuk tahu bagaimana tubuh kita bekerja, karena itu saya juga rajin lihat lihat youtube-nya ASAPScience. Karena #KnowledgeIsPower, kalau kita sudah tau bagaimana cara kerja tubuh kita, tentunya lebih mudah buat kita untuk menjaganya.

Untuk memulai bisa baca baca buletin tentang kesehatan. Banyak sumbernya seperti Livestrong, Mensfitness, dan lain lain. Tapi kalau mau mudah, unduh Kurio, baca blog saya yang ini dan berlangganan topic tentang Health dan Fitness.

4 thoughts on “Mencoba hidup sehat

Leave a Reply

