P.K.

pk-poster

Apa jadinya ketika Alien benar – benar ada, dan ketika mereka turun ke bumi untuk penelitian, lalu tidak bisa pulang, karena perlengkapan mereka dicuri?

PK ( Aamir Khan ) – dibacanya pikay – adalah seorang alien yang turun ke bumi untuk penelitian, dan remote untuk memanggil kapal induknya dicuri. Ini adalah film tentang usaha dia untuk mencari remotenya yang telah dicuri. Dalam pencariannya, dia dibantu oleh Jaggu (Anushka Kharma), seorang reporter yang sedang mencari berita. Jaggu sendiri, lahir dari keluarga yang taat beribadah, dan baru saja patah hati karena merasa dikhianati oleh pacarnya yang berasal dari Pakistan dan seorang Muslim.

Film bergenre drama  – komedi – satrikal ini adalah film asli India, lengkap dengan ciri khasnya. Nyanyi – nyanyi dan joged – joged. Tapi somehow, semenjak nonton 3 idiots, saya bisa menikmati lagu dari India. Lagu – lagu di film ini enak nadanya, dan selama film untungnya ada terjemahan dalam bahasa Indonesia di layar.

Isu agama dan stereotyping adalah isu yang paling ditonjolkan dalam film ini, dan  relevan dengan isu sekarang, dan juga isu – isu agama di masa depan. Dari awal, memang ada disclaimer bahwa film ini tidak bermaksud untuk menyudutkan satu agama, atau kelompok kepercayaan lainnya.

Bagi saya, PK adalah film yang cukup berat, walaupun dibumbui drama dan komedi tapi tidak mengurangi unsur keseriusan film ini. Cukup menghibur, tapi membuat mikir dalem dan kadang it hit me right in the face. Apalagi tema yang diangkat adalah tema yang sensitif. Saran saya, tonton film ini jika ada termasuk orang yang open minded, dan bisa menerima ide – ide baru.

3 thoughts on “P.K.

  1. Swastika Nohara says:

    AKU SUKAAAA BANGET film ini! hehehe… Raj Khumar Hirani memang jagoanlah!!! Kata teman yg orang india dan sudah 5 tahunan tinggal di indonesia, di Indonesia biarpun ada 5 agama (resmi) sih damai banget, dibanding negaranya dia. Ya keliatan di film PK sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s